Bercinta bikin awet muda

 
 

Bercinta bikin awet muda
Bercinta ternyata menyehatkan badan. Melakukan aktivitas seks mampu membakar kalori, memperlancar aliran darah, bahkan mengurangi risiko kanker payudara. Namun, Anda harus melakukannya dengan santai dan bersama pasangan resmi. Sebab kalau tidak salah-salah bisa membuat jantung Anda bermasalah.

Dalam Getting Thin, Gabe Mirkin memberikan saran, “Sering-seringlah berhubungan seksual dan kobarkan gairah dengan hati tulus.” Tetapi tidak hanya itu saja bercinta ternyata tak hanya mempererat ikatan batin pasangan suami- istri, tetapi juga menjaga kebugaran dan tubuh tetap ramping.

Anjuran itu bukannya ngawur sebab terdapat fakta-fakta keampuhan seks sebagai pembakar kalori. Diperlukan sekurangnya 12 kalori saat kita melakukan ciuman mesra, sedang hubungan seksual yang penuh gairah bisa membakar 250 kalori.

Selain itu untuk menuju klimaks sedikitnya menyedot 8-10 kalori dan jika dihitung maka hubungan intim sedikitnya mampu membakar sebesar 150 kalori per jam.

Selain itu ditemukan fakta bahwa saat kegiatan seksual dapat memperlancar aliran darah ke jantung. Denyut jantung akan meningkat lebih cepat menjadi 142-150 kali (normalnya 60-70 kali per menit).

Saat melakukan hubungan seks, otak mengeluarkan suatu zat kimiawi yang bisa menghilangkan rasa sakit (misal sakit kepala), meringankan ketegangan jiwa/stres, di mana otot-otot yang tegang akan mengendur/melemas hingga bisa rileks.

Menurut konsultan seks RS Persahabatan Ferryal Loetan, percumbuan dengan disertai ciuman yang hangat dapat meringankan ketegangan. Selain itu sirkulasi darah akan lebih baik, bila yang bersangkutan sering orgasme.

“Hanya saja itu ada syaratnya, hubungan suami-istri itu harus dilakukan tanpa paksaan, tanpa beban, ikhlas, dan sukarela. Sebab hormon yang membuat tubuh rileks justru tidak akan keluar jika ada perasaan tertekan atau khawatir,” ujarnya.

Mengapa? Sebab aktivitas seksual dalam kondisi tenang bisa mengaktifkan kelenjar penghasil zat kimia tertentu dalam tubuh, termasuk oxytocin dan endorfin. Kedua unsur tersebut mampu mengendurkan otot dan syaraf.

Lebih rileks
Karena itulah manfaatkan waktu intim Anda berdua untuk bermesraan. Apalagi jika tubuh Anda penat dan kusut setelah bekerja keras sehari-hari. Selain itu tentu tubuh menjadi bugar karena otot dan syaraf yang rileks lebih menjamin tubuh terasa nyaman dan sehat.

Pendapat itu diperkuat Laurel T. Kline, psikolog klinis dari Female Sexual Medicine Center UCLA, otot jantung juga menjadi kuat.

Produksi hormon testosteron, estrogen, dan progesterone ini membantu memperlebar pembuluh darah, sehingga suplai darah ke jantung lancar. Anda pun terhindar dari nyeri dada dan problema jantung.

Namun Ferryal mengungkapkan seks justru berbahaya jika dilakukan tidak dengan pasangan resmi karena membuat jantung berdetak kencang yang tentu saja berisiko.

Selain itu riset selama 25 tahun yang dilakukan Female Sexual Medicine Center UCLA menunjukkan perempuan yang menikmati hubungan intim rata-rata berumur panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Tidak hanya menghasilkan hormon-hormon penenang, bercinta juga memacu tubuh memproduksi progesterone yang sering diikuti dengan menurunnya risiko kanker payudara. Jadi rutin bercinta akan menjauhkan Anda dari risiko kanker.

Hasil studi Universitas Pennsylvania menemukan seseorang yang bercinta 1-2 kali seminggu cenderung memiliki kadar antigen penolak virus lebih tinggi dibanding mereka yang tak bercinta sama sekali.

Selain itu beberapa peneliti di Eropa dan AS menjanjikan Anda akan awet muda. Terbukti dari penelitian yang dilakukan pada sejumlah pria dan wanita. Mereka yang rutin bercinta tiga kali seminggu terlihat 7-12 kali lebih muda dari umur sesungguhnya.

 




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: